Berita

Edukasi

Kuliah Tamu Process Mining

Mahendrawathi

24 Nov, 2021

Tim BPM-Ina sebagai pengampu mata kuliah Manajemen Proses Bisnis di Departemen Sistem Informasi ITS, kembali mengadakan kuliah tamu pada Rabu, 24 November 2021. Kali ini Associate Prof. Paolo Ceravolo dari Università degli Studi di Milano membawakan topik “The Ordinary and Extraordinary of Process Mining”.

Pada bagian awal Paolo menjelaskan tentang dasar dari process mining, bagaimana process mining dapat digunakan untuk memonitor capaian proses bisnis. Selain itu disinggung pula masukan yang dibutuhkan process mining yaitu event log, dan algoritma-algoritma utama dalam Process Mining. Pada sesi selanjutnya, Paolo memberikan wawasan tentang penggunaan Machine Learning untuk memperkaya Process Mining.

Pesan akhir dari Paolo adalah: Algoritma Process Mining mengukur kesesuaian antara dua artefak tanpa mengetahui referensi apa pun untuk mengukur kepatuhan mereka terhadap kenyataan (seperti misalnya dalam pembelajaran terawasi tradisional) sehingga perancanglah yang harus memahami jika perilaku yang tidak sesuai adalah disfungsional atau hanya perilaku yang tidak ditentukan

Bagi anda yang tertarik, video rekaman acara dapat diakses di https://youtu.be/IyUavNlkQok